Memanfaatkan Fitur Compound Path Di Illustrator. Compound path merupakan suatu fitur untuk menggabungkan 2 gambar atau lebih menjadi 1 dengan menghasilkan bentuk baru. Fitur ini hampir sama seperti fitur pathfinder dimana kita bisa menggabungkan beberapa objek menjadi satu atau memotong sebuah objek untuk menghasilkan bentuk baru.

Kelebihan dari fitur compound path adalah adalah ketika dua objek tersebut sudah digabung dan menghasilkan bentuk baru maka objek baru yang dihasilkan tersebut masi bisa kita rubah-rubah.

Langsung saja agar tidak bingung kita akan coba praktikan. Teman-teman bisa buka adobe illustrator di komputer atau di laptop. Ikuti langkah-langkah Memanfaatkan Fitur Compound Path Di Illustrator dibawah ini :

1.Buat sebuah lembar kerja baru ukuran A4.

2. Buat sebuah objek persegi panjang dengan warna fill merah menggunkan rectangle tool.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Memanfaatkan-Fitur-Compound-Path-Di-Illustrator-2.png

3. Buat kembali sebuah objek lingkaran berwarna fill kuning menggunakan ellipse tool > letakan di tengah-tengah objek persegi panjang.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Memanfaatkan-Fitur-Compound-Path-Di-Illustrator-3.png

4. Seleksi objek persegi panjang dan lingkaran > ke menu object > Compound path > make. Maka sekarang akan terdapat bentuk objek baru dimana persegi panjang tersebut bolong di bagian tengahnya.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Memanfaatkan-Fitur-Compound-Path-Di-Illustrator-4.png

5. Coba geser objek tersebut ke warna background yang berbeda untuk membuktikan bahwa lingkaran tersebut bolong.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Memanfaatkan-Fitur-Compound-Path-Di-Illustrator-5.png

6. Inilah kelebihan dari compound path. Hasil potongan objek masih bisa kita edit lagi. Kita akan menggeser lingkaran tersebut dan memperbesar lingkarannya. Caranya adalah double klik pada tepi lingkaran tersebut > hingga muncul tulisan compound path di pojok kiri atas > seleksi lingkaran > kemudian geser lingkaran dan perbesar sesuai kebutuhan.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Memanfaatkan-Fitur-Compound-Path-Di-Illustrator-6.png

7. Jika sudah di rubah lingkarannya > double klik di luar area objek agar tampilan menjadi normal kembali.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Memanfaatkan-Fitur-Compound-Path-Di-Illustrator-7.png

Demikian teman-teman tips and trik dari saya tentang Memanfaatkan Fitur Compound Path Di Illustrator. Contoh diatas merupakan contoh sederhana, untuk bentuk dan modelnya bisa dikembangkan lagi. Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan selamat mencoba, sampai ketemu ditutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang terbaru dan terupdate. Terimakasih …