Logo adalah suatu gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, Lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Sebuah logo wajib mempunyai filosofi dan kerangkat dasar yang berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Sebuah logo memiliki ciri khas seperti warna dan bentuk logo tersebut. Karena logo itu bermacam-macam bentuknya dari yang simple hingga yang rumit. Nah pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool. Dimana logo ini kita buat dari objek sederhana namun menghasilkan logo yang ekslusif.

Langsung aja agar tidak bingung hidupkan komputer atau laptonya lalu buka adobe illustratornya. Ikuti langkah-langkah Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool dibawah ini secara berurutan :

1.Buka adobe illustratornya. Buat lembar kerja baru ukuran A4 (21 x 29.7 cm). Caranya ke menu file > new > muncul jendela new document > atur ukuran > ok.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-1

2. Buat stroke persegi Panjang menggunakan rectangle tool dengan ukuran 1.5 x 8 cm.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-2

3. Seleksi persegi Panjang > klik kanan > transform > shear > muncul jendela shear > isi colom shear angle 20> copy. Maka persegi Panjang akan terduplikat dengan tipe yang miring dan geser hasil duplikat agar tidak bersatu.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-3

4. Seleksi persegi Panjang yang miring > klik kanan > transform > reflect > muncul jendela reflect > klik colom vertical > copy. Maka akan terduplikat dengan arah yang berlawanan. Geser hasil duplikat agar tidak bersatu.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-4

5. Duplikat persegi panjang yang miring yang berada di sebelah kiri. Caranya tekan alt lalu drag geser kearah kanan.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-5

6. Susunkan objek-objek rectangle seperti gambar dibawah ini.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-6

7. Seleksi objek rectangle yang sudah tersusun kecuali persegi Panjang yang paling kiri > kemudian ke menu window > pathfinder > icon divide > ungroup. Maka aobjek akan terpotong-potong

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-7

8. Seleksi potongan objek yang berada dibagian tengah > menu window > pathfinder > icon unite. Maka potongan-potongan tersebut akan menjadi satu.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-8

9. Seleksi potongan sebelah kiri kemudian beri warna fill ungu muda (stroke hitam dihilangkan).

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-9

10. Seleksi potongan tengah dan bagian kanan lalu beri warna yang sama yaitu warna ungu muda.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-10

11. Seleksi kembali potongan bagian tengah > klik bagian fill color > kemudian pilih warna ungu yang lebih tua > ok.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-11

12. Sekarang kita ingin memberi efek bayangan shadow. Buat sebuah kotak sperti dibawah menggunakan pen tool dan beri warna ungu tua.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-12

13. kotak yang dibuat dengan pen tool kita rubah menjadi warna gradasi biru tua ke transparan. Seleksi kotak tersebut > menu window gradient > atur warnanya.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-13

14. Duplikat kotak gradasi tersebut kemudian diletakan dipotongan bagian bawah. Demikian logonya sudah jadi.

Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool-14

Demikian teman – teman tutorial dari saya tentang Cara Buat Logo eksklusif Dengan Rectangle Tool. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Teman-teman bisa kembangkan lagi dengan berbagai macam ide kreatifnya Karena contoh diatas hanyalah contoh sederhana. Sampai ketemu lagi di tutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang menarik dan ter update. Terima kasih …