Cara Membuat Objek Menggunakan Rectangular Marquee Tool . Tau ga rectangular marquee tool ? sudah pada tahu donk pastinya tentang tools tersebut. rectangular marquee tool merupakan salah satu tools yang ada di adobe photoshop yang biasa digunakan untuk seleksi objek. Memang banyak tools seleksi yang ada di adobe photoshop namun masing masing tools tersebut mempunyai fungsi penggunaan yang berbeda dalam setiap kasusnya.

Untuk rectangular marquee tool sendiri biasa digunakan untuk seleksi dengan bentuk persegi atau persegi panjang. Jadi jika kita ingin menseleksi sebuah area yang berbentuk persegi panjang atau kotak rectangular marquee tool ini sangat cocok untuk digunakan agar lebih efisien dihasil dan waktunya.

Nah namun di tutorial kali ini saya akan mencoba tools seleksi tersebut kita akan manfaatkan untuk pembuatan sebuah objek. Kita akan mencoba membuat objek bingkai frame persegi panjang.

Langsung saja agar tidak bingung kita akan coba praktikan. Teman-teman bisa buka adobe illustratornya di komputer atau di laptop. Ikuti langkah-langkah Membuat Warna Gradasi Menggunakan Blend Tool Di Illustrator dibawah ini :

1.Buat sebuah lembar kerja ukuran A4.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/02/Cara-Membuat-Objek-Menggunakan-Rectangular-Marquee-Tool-1.png

2. Buat sebuah layer baru.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/02/Cara-Membuat-Objek-Menggunakan-Rectangular-Marquee-Tool-2.png

3. Pilih rectangular marquee tool > bentuk sebuah area seleksi persegi panjang seolah-olah menjadi bingkai lembar kerja.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/02/Cara-Membuat-Objek-Menggunakan-Rectangular-Marquee-Tool-3.png

4. Setelah area seleksi terbentuk > ke menu select > modify > border > muncul panel border selection > isi kolom width sesuai kebutuhan, disini kita mencoba menggunakan anka 100 > ok. Semakin besar angka yang diisi maka area seleksi akan semakin lebar.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/02/Cara-Membuat-Objek-Menggunakan-Rectangular-Marquee-Tool-4.png

5. Rubah warna foreground sesuai dengan warna yang ingin kita masukan kedalam border seleksi tersebut. Misal disini saya menggunakan warna hijau.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/02/Cara-Membuat-Objek-Menggunakan-Rectangular-Marquee-Tool-5.png

6. Jika warna foreground sudah berubaha sesuai dengan warna yang diinginkan > maka tekan alt + backspace > maka area seleksi tersebut akan terisi warna hijau. Jika sudah selesai tekan Ctrl + D untuk menghilangkan tanda bekas seleksinya.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/02/Cara-Membuat-Objek-Menggunakan-Rectangular-Marquee-Tool-6.png

7. Sekarang layer barunya sudah terisi dengan objek warna hijau.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/02/Cara-Membuat-Objek-Menggunakan-Rectangular-Marquee-Tool-7.png

Demikian teman-teman tips and trik dari saya tentang Cara Membuat Objek Menggunakan Rectangular Marquee Tool. Contoh diatas merupakan contoh sederhana, untuk bentuk dan modelnya bisa dikembangkan lagi. Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan selamat mencoba, sampai ketemu ditutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang terbaru dan terupdate. Terimakasih …