Hallo teman-teman jumpa lagi dengan saya dalam pembahasan seputar dunia desain. Kali ini saya akan membahas tentang artikel yang berjudul Cara Menyimpan Layer Menjadi File Tersendiri Di Photoshop. Pasti teman-teman bertanya-tanya ? mana ada sebuah layer bisa menjadi file tersendiri. Nah belum pada tahu kan, disini saya akan bahas trik ini dimana mungkin belum ada yang pernah menjelaskan tentang ini. Jadi nanti layer-layer yang ada di dalam lembar kerja kita akan eksport menjadi sebuah file. Mungkin kemarin file mentahannya kita lupa save atau hilang, maka sekarang ga perlu khawatir lagi layer yang ada di dalam lembar kerja tersebut bisa kita eksport menjadi file tersendiri. Penasaran seperti apa ? simak terus tutorialnya dan temukan jawabannya.

Agar tidak bingung langsung aja kita praktikan. Coba buka adobe photoshopnya di komputer atau di laptop. Perhatikan terus tutorialnya di Cara Menyimpan Layer Menjadi File Tersendiri Di Photoshop dibawah ini sampai tuntas :

1.Sebagai contoh disini saya sudah punya sebuah file mentahnnya. Jika teman-teman belum punya file master, kalian bisa buat dulu sebentar sebuah lembar kerja kemudian nanti didalam lembar kerja tersebut buat saja beberapa layer dengan beberapa objek saja. Note : yang ada penting layernya.

Cara Menyimpan Layer Menjadi File Tersendiri Di Photoshop - 1

2. Disini saya mempunyai 5 layer. Nanti 5 layer inilah yang kita eksport menjadi file

Cara Menyimpan Layer Menjadi File Tersendiri Di Photoshop - 2

3.Caranya adalah ke menu file > eksport > layer to file > kemudian muncul jendela panel layer to file.

Cara Menyimpan Layer Menjadi File Tersendiri Di Photoshop - 3

4. Kemudian atur jendela panel layer to file sebagai berikut pilih browse untuk pengaturan tempat penyimpanan > file name sudah default mengikuti nama file yang kita buka > chek list kolom visible layers only > file type pilih PNG 24 > Check list kolom include ICC profile > run. Maka diam kan sejenak photoshop akan meproses export.

Cara Menyimpan Layer Menjadi File Tersendiri Di Photoshop - 4

5. Setelah running selesai, teman-teman bisa coba cek di tempat folder penyimpanannya. Maka layer-layer tersebut sekarang sudah menjadi file tersendiri.

Cara Menyimpan Layer Menjadi File Tersendiri Di Photoshop - 5

Demikian teman-teman artikel dari saya yang berjudul Cara Menyimpan Layer Menjadi File Tersendiri Di Photoshop. Mudah – mudahan bisa bermanfaat. Teman-teman bisa explorer lebih dalam lagi karena ini hanya contoh sederhana. Mau belajar lebih jelas dan lengkap ? bisa bergabung dengan dumet school tempat kursus desain grafis. Sampai ketemu ditutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang terbaru. Terimakasih …