Gimana belajar desain grafisnya, sudah sampai mana teman-teman ? semangat terus yah. Kali ini saya akan membahas tutorial mengenai software adobe illustrator. saya akan mencoba berbagi tutorial tentang Cara Merubah Garis Lurus Menjadi Bergelombang. Membuat sebuah garis bergelombang kelihatanya sepele tetapi tak semudah yang kita bayangkan apalagi garis bergelombang yang ingin kita buat nantinya terlihat lebih rapi dan simetris. Mungkin kita sering buat garis bergelombang dengan bentuk custom atau acak tetapi untuk bentuk acak seperti itu biasanya lebih mudah dibanding dibanding dengan bentuk gelombang yang rapih dan simetris.

Agar tidak bingung langsung aja kita praktikan. Buka adobe illustratornya di komputer atau di laptop, ikuti langkah-langkah cara Cara Merubah Garis Lurus Menjadi Bergelombang dibawah ini secara berurutan. Penasaran seperti apa cara dan hasil akhirnya ? ikuti terus tutorialnya sampai selesai.

1.Buat lembar kerja baru ukuran 20 X 20 cm. Caranya klik menu file > new > muncul jendela new document > isi kolom width = 20 dan height = 20 dengan satuan cm  > ok.

Cara Merubah Garis Lurus Menjadi Bergelombang - 1

2. Buat sebuah garis lurus menggunakan pen tool.

Cara Merubah Garis Lurus Menjadi Bergelombang - 2

3. Seleksi garis > menu effect > distort & transform > zig zag > muncul panel zig zag > isi kolo size misalnya 2 cm > pilih absolute> isi kolom ridges per segment misalnya 10 > pilih points smooth > ok. Maka sekarang garis yang awalnya lurus sudah berubah menjadi sebuah gelombang yang rapih dan simetris.

Cara Merubah Garis Lurus Menjadi Bergelombang - 3

4. Jika mau ditebalkan garisnya tinggal besarkan nilai strokenya.

Cara Merubah Garis Lurus Menjadi Bergelombang - 4

5. Seleksi gelombang tersebut > object > expand appearance. Maka garisnya sudah terconvert.

Cara Merubah Garis Lurus Menjadi Bergelombang - 5

Demikian teman-teman tips and trik dari saya tentang Cara Merubah Garis Lurus Menjadi Bergelombang menggunakan adobe illustrator. Disitu juga masi ada  beberapa lagi fungsi pengaturan di panel zig zag nya, jadi untuk bentuk gelombangnya pun masih kita bisa atur, baik diameter lengkungan ataupun jumlah lengkungan yang kita butuhkan. nanti teman – teman juga bisa coba lagi, bisa explorer  jauh lebih dalam lagi contoh diatas hanyalah contoh sederhana saja. Mudah – mudahan bisa bermanfaat, sampai ketemu ditutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang menarik. Terimakasih …