Cara Menggunakan Pathfinder di Illustrator

Cara Menggunakan Pathfinder di Illustrator

Efek Pathfinder memungkinkan Anda menggabungkan beberapa objek menggunakan mode interaksi. Saat Anda menggunakan efek Pathfinder, Anda tidak dapat mengedit interaksi antar objek. Lihat Menggabungkan objek menggunakan efek Pathfinder. Pathfinder ini adalah salah satu cara yang akan memudahkan Anda untuk membuat objek baru dengan baru dan cepat. Yuk kita kenali satu persatu yang ada di pathfinder.

Unite berfungsi untuk menambahkan area komponen ke objek yang mendasarinya.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-01

Minus front berfungsi memotong area komponen dari objek yang mendasarinya.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-02

Intersect berfungsi Menelusuri garis besar wilayah yang tumpang tindih dengan semua objek.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-03

Exclude berfungsi melacak semua area yang tidak tumpang tindih dari objek, dan membuat area yang tumpang tindih menjadi transparan. Ketika sejumlah objek tumpang tindih, tumpang tindih menjadi transparan. Di mana jumlah objek tumpang tindih ganjil, tumpang tindih menjadi diisi.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-04

Divide berfungsi untuk memisahkan karya seni menjadi wajah yang dipenuhi komponen (wajah adalah area yang tidak terbagi oleh segmen garis). Catatan: Saat Anda menggunakan tombol Divide di panel Pathfinder, Anda dapat menggunakan alat Seleksi Langsung atau Pemilihan Grup untuk memanipulasi wajah yang dihasilkan secara independen satu sama lain. Anda juga dapat memilih untuk menghapus atau menyimpan objek yang tidak terisi saat menerapkan perintah Divide.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-05

Trim berfungsi untuk menghapus bagian dari objek yang penuh yang tersembunyi. Menghapus goresan dan tidak menggabungkan objek dengan warna yang sama.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-06

Merge berfungsi untuk menghapus bagian dari objek yang penuh yang tersembunyi. Menghapus semua goresan dan menggabungkan objek yang berdampingan atau tumpang tindih yang diisi dengan warna yang sama.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-07

Crop berfungsi untuk membagi karya seni menjadi wajah yang dipenuhi komponen, dan kemudian menghapus semua bagian dari karya seni yang berada di luar batas objek paling atas. Ini juga menghilangkan stroke.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-08

Outline berfungsi untuk membagi objek menjadi segmen garis komponennya, atau tepi. Perintah ini berguna untuk menyiapkan karya seni yang membutuhkan jebakan untuk mencetak objek yang berlebihan. Catatan yang perlu diperhatikan: Saat Anda menggunakan tombol Garis Besar di panel Pathfinder, Anda dapat menggunakan alat Pemilihan Langsung atau Pemilihan Grup untuk memanipulasi setiap tepi secara independen. Anda juga dapat memilih untuk menghapus atau mempertahankan objek yang tidak terisi saat menerapkan perintah Outline.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-09

Minus back berfungsi untuk kurangi objek di belakang dari objek paling depan. Anda dapat menggunakan perintah ini untuk menghapus area ilustrasi dengan menyesuaikan urutan penumpukan.

Cara-Menggunakan-Pathfinder-di-Illustrator-040720-indah-10

 

 

 

Cara Membuat Button Hover Teks di Adobe XD

Cara Membuat Button Hover Teks di Adobe XD

Cara Membuat Button Hover Teks di Adobe XD. Hai, berjumpa kembali dalam website kursus desain grafis private online DUMET school. pada kesempatan kali ini, kita kan belajar cara bagaimana membuat sebuah buton teks yang akan diberikan efek hover di Adobe XD. Nantinya kita akan belajar membuat sebuah teks yang akan dijadikan sebuah button. Dan kemudian akan diberikan efek hover di Adobe XD. (more…)

Cara Memunculkan Aset CC Libraries di Adobe XD

Cara Memunculkan Aset CC Libraries di Adobe XD

Cara Memunculkan Aset CC Libraries di Adobe XD. Hai, berjumpa kembali dalam website kursus desain grafis jakarta DUMET school. pada artikel terdahulu penulis sempat menyinggung salah satu bentuk upgrade dari Adobe versi CS dengan Adobe versi CC yaitu adanya penambahan fitur penyimpanan berupa cloud. Yang mana dalam cloud tersebut kita dapat memanfaatkan CC Librariesnya untuk menyimpan beberapa icon yang nantinya dapat dibuka disemua produk software Adobe versi CC. (more…)

Cara Menambahkan Brush Preset di Adobe Illustrator

Cara Menambahkan Brush Preset di Adobe Illustrator

Cara Menambahkan Brush Preset di Adobe Illustrator. Hai, berjumpa kembali dalam website kursus desain grafis DUMET school. pada kesempatan kali ini kita akan belajar caa menambahkan sebuah preset di Adobe Illustrator. Nantinya jenis preset yang akan kita tambahkan adalah sebuah preset brush. Sebelumnya pastikan teman-teman sudah mendowloadnya terlebih dahulu. Preset brush tersebut. teman-teman dapat mendownloadnya dari manapun. (more…)

Cara Membuat Efek Bayangan pada Teks di Adobe Illustrator

Cara Membuat Efek Bayangan pada Teks di Adobe Illustrator

Cara Membuat Efek Bayangan pada Teks di Adobe Illustrator. Hai, berjumpa kembali dalam website kursus desain Grafis DUMET school. pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara memberikan sebuah efek bayangan pada teks di Adobe Illustrator. Nantinya tentu kita akan membutuhkan beberapa fitur yang akan membatu kita untuk membuat efek bayangan tersebut kedalam sebuah teks. (more…)

Mengenal Acumin Variabel Concept Font pada Adobe Photoshop

Mengenal Acumin Variabel Concept Font pada Adobe Photoshop

Mengenal Acumin Variabel Concept Font pada Adobe Photoshop. Hai, berjumpa Kembali dalam website kursus desain grafis DUMET school. pada kesempatan kali ini penulis akan coba menjelaskan sebuah jenis font yang bisa dibilang ajaib. Karna kemampuannya untuk dapat diedit tanpa perlu merubah jenis sub fontnya. Dan font ini adalah font yang secara otomatis terinstall Ketika menginstall product adobe terbaru. (more…)

WhatsApp chat