Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Desain Vektor dalam Adobe Illustrator adalah Salah satu fitur terpenting. Adobe Illustrator adalah kualitas karya seni yang dibuat menggunakan Illustrator tidak bergantung pada resolusi yang ditampilkan. Ini berarti gambar yang dibuat di Illustrator dapat diperbesar atau diperkecil tanpa mengorbankan kualitas gambar. Ini adalah atribut karya seni vektor, yang menggunakan hubungan matematis dalam mendeskripsikan garis, busur, dan bagian lain dari ilustrator.

Sebagai perbandingan, foto yang diedit menggunakan tool seperti Adobe Photoshop bergantung pada resolusi, dan kualitas gambar menurun saat gambar diperbesar. Vektor adalah sekumpulan poligon yang menyusun gambar, yang selanjutnya terdiri dari vektor. Setiap vektor melewati lokasi yang dikenal sebagai node atau titik kontrol, yang memiliki lokasi yang ditentukan pada sumbu x dan y pada bidang. Node ini menentukan jalur vektor, yang memiliki berbagai atribut seperti warna, kurva, isian, bentuk, dan ketebalan. Posisi vektor dapat dikaitkan satu sama lain dengan rumus matematika, yang secara tepat menghitung ulang posisinya saat gambar diubah ukurannya.

Vektor ini berbeda jika dibandingkan dengan perangkat lunak pencitraan seperti Photoshop, yang menggunakan kisi piksel untuk membuat gambar. Jika jenis gambar ini ditingkatkan skalanya secara memadai, piksel individual yang terdiri dari peta bit menjadi terlihat. Fenomena ini mengakibatkan hilangnya kualitas gambar yang disebut pixilation, yang membuat Illustrator sangat bermanfaat untuk membuat gambar besar seperti papan reklame.

Mengapa disini saya menjelaskan tentang vektor? Karena kita akan menggunakan Adobe Illustrator yang menghasilkan gambar vektor. Adobe Illustrator pun memiliki tracing preset. Yuk langsung saja yah teman-teman.

Pertama disini saya mempunyai sebuah gambar yang ingin saya berikan efek tracing preset. Sebenernya gambar apapun itu tidak jadi masalah yah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan teman-teman. Masukan gambar ke dalam Adobe Illustrator.

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Lalu perhatikan dibagian atas properties pilih panah disebelah Image Trace.

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Lalu akan muncul pengaturan seperti dibawah ini. Pilih salah satu preset untuk mengetahui hasil akhirnya akan jadi seperti apa. Disini saya akan menggunakan 16 Color.

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Sehngga hasilnya akan jadi seperti ini. Menjadi vektor yang bagus sekali.

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara menggunakan Tracing Preset ini, tanpa perlu mengatur hasil gambar yang hasilnya akan menjadi luar biasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah.

Cara Menggunakan Change Case di Illustrator

Cara Menggunakan Change Case di Illustrator

Adobe Ilustrator ada di sekitar Anda. Perangkat lunak grafik vektor standar industri digunakan oleh jutaan perancang dan seniman untuk membuat segalanya mulai dari web dan grafik seluler yang indah hingga logo, ikon, ilustrasi buku, kemasan produk, baliho dan masih banyak yang lainnya.

Karya desain dalam berbagai ukuran. Dapatkan semua tools untuk menggambar yang Anda butuhkan untuk mengubah bentuk dan warna sederhana menjadi logo, ikon, dan grafik yang canggih. Illustrator adalah perangkat lunak desain berbasis vektor, sehingga karya seni Anda dapat diperkecil untuk di layar seluler dan hingga ukuran papan reklame yang besar yang akan selalu terlihat tajam dan indah.

Di Adobe Illutrator memliki sebuah preset yang bernama CHANGE CASE yang berfungsi untuk para desainer jika sedang melakukan kesalahan dalam melakukan pengetikan text. Jika font tidak memiliki huruf besar, banyak program dapat mensimulasikan huruf kecil secara otomatis hanya dengan menekan huruf besar sedikit lebih kecil. Jadi, Anda memiliki 2 opsi untuk menekan huruf kecil dan huruf besar pada keyboard atau menggunakan change case untuk memudahkan dan mempercepat dalam hal mendesain. Yuk langsung saja kita mulai tutorialnya yah.

Pertama saya menyiapkan sebuah gambar yang memiliki ruang kosong yang lebih banyak untuk diberikan text. Kurang lebih seperti ini yah gambarnya.

Cara Menggunakan Change Case di Illustrator

Lanjut memberikan text dengan menggunakan type tool. Berikan tulisan flowers dengan menggunakan huruf kecil semua dan warna yang digunakan adalah berwarna abu-abu.

Cara Menggunakan Change Case di Illustrator

Untuk mengubah text menjadi huruf besar semua kita harus klik menu Type > Chage Case > UPPERCASE.

Cara Menggunakan Change Case di Illustrator

Sehingga text yang sudah kita buat dengan huruf kecil semua, berubah menjadi huruf kapital.

Cara Menggunakan Change Case di Illustrator

Sehingga gambar dan text menjadi satu seperti ini.

Cara Menggunakan Change Case di Illustrator

Bagaimana temna-teman mudah bukan cara mengubah textnya. Jadi kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengetik ulang kembali text yang tidak sesuai itu. Semoga artikel ini bisa membuat ilmu teman-teman tentang desain semakin beratambah yah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah. Sampai jumpa pada artikel yang sebelumnya.

Manipulasi Gambar di Adobe Photoshop

Manipulasi Gambar di Adobe Photoshop

Desain adalah sebuah seni dalam hal berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual, atau desain bisa dapat diartikan sebagai proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam bentuk gambar bener tidak sobat kursus adobe illustrator private online?.

Desain dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar. Salah satu software yang dipakai dalam mendesain adalah Adobe Photoshop. Adobe Photoshop sudah tidak diragukan lagi dalam hal mengedit gambar.

Entah dalam memberikan efek warna, manipulasi gambar, memperbaiki gambar, membuat desain dan masih banyak lagi.

Pertama disini saya mempunyai sebuah gambar yang menjadi gambar utama untuk saya edit menjadi manipulasi gambar.

Manipulasi Gambar di Adobe Photoshop

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyeleksi gambar wanita yang paling terlebih dahulu dengan menggunakan pentool. Mengapa saya menggunakan pentool karena pentool mudah diatur untuk menyesuaikan dengan pola gambar yang ingin kita seleksi. Namun jika teman-teman kursus adobe illustrator private online, ingin menggunakan tool seleksi yang lainnya seperti magic wand, lasso tool magic eraser tool, itu tidak jadi masalah yah, gunakan tool yang teman-teman kuasai agar tidak menyusahkan teman-teman. Setelah diseleksi jangan lupa klik kanan selection lalu pilih copy > paste. Setelah, itu, kita hide terlebih dahulu layer ini, agar tidak menganggu langkah selanjutnya ya.

Manipulasi Gambar di Adobe Photoshop

Kemudian kita harus balik lagi pada gambar awal. Kali ini kita harus terfokus pada bagian kaca. Kita akan buat objek bulat dengan menggunakan ellipse tool.

Manipulasi Gambar di Adobe Photoshop

Lanjut dengan memasukan gambar kedua seperti gambar dibawah ini.

Manipulasi Gambar di Adobe Photoshop

Letakan layer objek ellipse dengan gambar kedua berdekatan. Kemudian pada layer gambar kedua klik kanan lalu pilih create clipping mask. Sehingga gambar akan masuk kedalam objek ellipse yang sudah dibuat sebelumnya.

Manipulasi Gambar di Adobe Photoshop

Kemudian layer yang kita hide tadi, kita harus unhide agar tampil jadi lebih sempurna. Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Manipulasi Gambar di Adobe Photoshop

Bagaimana teman-teman kursus privat adobe illustrator online mudah bukan cara membuatnya. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang sedang ingin belajar desain yah. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya yah. Dan jangan lupa dipraktikan dirumah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah.

Membuat Pattern Bergelombang di Dalam Objek

Membuat Pattern Bergelombang di Dalam Objek

Tahu tidak kawan kursus adobe illustrator private online Zig-zag adalah salah satu pola yang terdiri dari sudut-sudut kecil pada sudut variabel, meskipun konstan dalam zig-zag, menelusuri jalur antara dua garis sejajar; itu dapat digambarkan sebagai bergerigi dan cukup teratur. Nah pola ini sedang diminati oleh segala kalangan terutama kalangan muda, karena polanya yang sederhana namun terlihat elegan.

Biasanya pola ini pun hanya menggunakan dan sangat cocok digunakan untuk warna-warna monocrome saja, namun jika digunakan dengan warna lain itu tidak jadi masalah yah teman-teman, bisa disesuaikan degan kebutuhan dan keinginan teman-teman.

Dengan maraknya pola ini, semakin membuat saya ingin mencoba pola ini, yang ingin saya buat dengan menggunakan Adobe Illustrator. Pasti teman-teman yang baru saja bergelut dengan Adobe Illustrator penasaran bagaimana cara membuatnya. Oleh karena itu yuk langsung saja kita buat pola zg-zag ini. Namun agar terlihat lebih unik saya ingin membuat pola zig-zag ini didalam objek.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat objek garis dengan menggunakan line tool. Untuk membuat garis lurus tadi menjadi bergelombang, kita harus klik menu Effect > Distort & Transfrom > Zig-zag. Nanti akan muncul pengaturan untuk mengatur tingkat ketajaman pada garis tersebut dan jangan lupa jika telah selesai mengatur jangan lupa klik OK yah.

Membuat-Pattern-Bergelombang-di-Dalam-Objek-200920-indah-01

Lalu copy > paste hingga menjadi enam objek.

Membuat-Pattern-Bergelombang-di-Dalam-Objek-200920-indah-02

Lanjut kita akan membuat objek selanjutnya dengan menggunakan pentool. Lalu buat pola hati dengan menggunakan pen tool tersebut yah sobat kursus adobe illustrator private online.

Membuat-Pattern-Bergelombang-di-Dalam-Objek-200920-indah-03

Gabungkan kedua objek sehingga menjadi satu seperti gambar ini. Seleksi keduanya, lalu klik kanan pilih make clipping mask.

Membuat-Pattern-Bergelombang-di-Dalam-Objek-200920-indah-04

Lalu objek zig-zag itu tidak akan berbentuk lurus lagi tapi berubah menjadi pola hati.

Membuat-Pattern-Bergelombang-di-Dalam-Objek-200920-indah-05

Objek hati yang telah dibuat tadi harus dicopy menjadi dua, agar objek hati tersebut tidak terlalu polos dan sedikit berwarna. Dan hasil akhirnaakan jadi seperti ini.

Membuat-Pattern-Bergelombang-di-Dalam-Objek-200920-indah-06

Bagaimana teman-teman kursus privat adobe illustrator private online mudah bukan cara membuat ini. Ini dapat di ikuti oleh para pemula loh. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat yah. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

Memberi Efek Crisp Warm Look di Photoshop

Memberi Efek Crisp Warm Look di Photoshop

Kursus Adobe Photoshop Private Online yang merupakan perangkat lunak pengeditan dan manipulasi foto yang dominan di pasaran. Penggunaannya berkisar dari pengeditan berfitur lengkap dari kumpulan besar foto hingga membuat lukisan dan gambar digital rumit yang meniru yang dilakukan dengan tangan saja. Nah Adobe Photoshop ini dapat membantu teman-teman dalam memperbaiki warna pada gambar. Yuk langsung saja yah..

Pertama disini saya memiliki sebuah gambar yang ingin saya beri efek warm look yang ada pada Photoshop.

Memberi Efek Crisp Warm Look di Photoshop

Klik hue/adjustments lalu akan muncul pengaturan seperti gambar dibawah ini, pilih color lookup.

Memberi Efek Crisp Warm Look di Photoshop

Lalu akan muncul pengaturan seperti gambar dibawah ini. Ganti 3DLUT File menjadi Srips_Warm.Look silahkan di coba yah kawan kursus adobe photoshop private online.

Memberi Efek Crisp Warm Look di Photoshop

Sehingga hasil akhirnya jadi seperti ini.

Memberi Efek Crisp Warm Look di Photoshop

Bagaimana teman-teman kursus privat adobe photoshop mudah bukan, semoga ini dapat menginspirasi teman-teman yang sedang ingin membuat gambar menjadi lebih baik lagi yah.