Hallo teman-teman jumpa lagi dengan saya di chanel dumetschool. Chanel yang membahas tentang desain grafis. Kali ini saya akan membahas sebuah artikel tentang amplop. Amplop yang kita akan bahas disini adalah amlop lebaran. Memank lebaran telah berlalu tapi tahun depan kita masih akan ketemu lagi, mudah-mudahan kita diberikan kesehatan hingga sampe ke lebaran tahun depan. Amplop yang akan kita buat ini akan kita kerjakan di software adobe illustrator. Berikut akan kita bahas lebih jelas di dalam artikel yang berjudul Cara Membuat Amplop Lebaran.

Keuntungannya adalah jika kita bisa desain amplop sendiri adalah kita bisa mendesain amplop tersebut semenarik mungkin sesuai dengan keinginan kita. Penasaran seperti apa cara membuatnya ? ikuti terus tutorialnya hingga selesai dan temukan jawabannya.

Langsung saja agar tidak bingung kita akan coba praktikan. Teman-teman bisa buka adobe photoshopnya di komputer atau laptop. Ikuti langkah-langkah Cara Membuat Amplop Lebaran dibawah ini :

1.Buat lembar kerja baru dengan ukuran 5,5 X 9 cm.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-1.png

2. Buat sebuah kotak menggunakan rectangle tool dengan ukuran 5.5 X 9 cm. Kemudian letakan ditengah-tengah lembar kerja.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-2.png

3. Duplikat kotak tersebut dengan cara tekan Alt + shift > letakan dibagian bawah.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-3.png

4. Buat sebuah kotak dengan ukuran 1 X 9 cm > sudut (titik anchor) bagian kanan atas dan kanan bawah ditarik menggunakan direct selection tool agar bentuknya agak lancip. Ini namanya lidah lembagian untuk ditempel.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-4.png

5. Letakan lidah lem tersebut dibagian sebelah kanan.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-5.png

6. Seleksi lidah lem bagian kanan > klik kanan > transform > reflect > cek list vertical > copy > geser kesebelah kiri.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-6.png

7. Buat kotak ukuran 5,5 X 2 cm > ujung atas bagian kanan dan kiri dibuat arrounded > kemudian letakan dibagian atas.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-7.png

8. Terakhir adalah kita memasukan gambar dan teks sesuai dengan kebutuhan. Untuk bagian bawah jangan lupa gambar dibalik kebawah karena nanti setelah dilipat akan balik lagi mengarah keatas.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-8.png

9. Seleksi semua > group > pilih arthboard tool > double klik pada lembar kerja > maka lembar kerja akan membesar seluas area objek yang ada. Kerangka amplop sudah jadi, sekarang teman-teman tinggil mengisi desainnya sesuai selera masing-masing.

https://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Membuat-Amplop-Lebaran-9.png

Demikian ini adalah cara pertama dalam artikel Cara Membuat Amplop Lebaran yang kita bahas kali ini. Cara selanjutnya akan kita bahas dalam artikel selanjutnya di part 2. Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan selamat mencoba, sampai ketemu ditutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang terbaru dan terupdate. Terimakasih …