Desain Vektor dalam Adobe Illustrator adalah Salah satu fitur terpenting yang dapat Anda pelajari di kursus adobe illustrator private online. Adobe Illustrator adalah kualitas karya seni yang dibuat menggunakan Illustrator tidak bergantung pada resolusi yang ditampilkan. Ini berarti gambar yang dibuat di Illustrator dapat diperbesar atau diperkecil tanpa mengorbankan kualitas gambar. Ini adalah atribut karya seni vektor, yang menggunakan hubungan matematis dalam mendeskripsikan garis, busur, dan bagian lain dari ilustrator.

Sebagai perbandingan, foto yang diedit menggunakan tool seperti Adobe Photoshop bergantung pada resolusi, dan kualitas gambar menurun saat gambar diperbesar. Vektor adalah sekumpulan poligon yang menyusun gambar, yang selanjutnya terdiri dari vektor. Setiap vektor melewati lokasi yang dikenal sebagai node atau titik kontrol, yang memiliki lokasi yang ditentukan pada sumbu x dan y pada bidang. Node ini menentukan jalur vektor, yang memiliki berbagai atribut seperti warna, kurva, isian, bentuk, dan ketebalan. Posisi vektor dapat dikaitkan satu sama lain dengan rumus matematika, yang secara tepat menghitung ulang posisinya saat gambar diubah ukurannya.

Vektor ini berbeda jika dibandingkan dengan perangkat lunak pencitraan seperti Photoshop, yang menggunakan kisi piksel untuk membuat gambar. Jika jenis gambar ini ditingkatkan skalanya secara memadai, piksel individual yang terdiri dari peta bit menjadi terlihat. Fenomena ini mengakibatkan hilangnya kualitas gambar yang disebut pixilation, yang membuat Illustrator sangat bermanfaat untuk membuat gambar besar seperti papan reklame.

Mengapa disini kami kursus adobe illustrator private online menjelaskan tentang vektor? Karena kita akan menggunakan Adobe Illustrator yang menghasilkan gambar vektor. Adobe Illustrator pun memiliki tracing preset. Yuk langsung saja yah teman-teman.

Pertama disini saya mempunyai sebuah gambar yang ingin saya berikan efek tracing preset. Sebenernya gambar apapun itu tidak jadi masalah yah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan teman-teman. Masukan gambar ke dalam Adobe Illustrator.

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Lalu perhatikan dibagian atas properties pilih panah disebelah Image Trace.

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Lalu akan muncul pengaturan seperti dibawah ini. Pilih salah satu preset untuk mengetahui hasil akhirnya akan jadi seperti apa. Disini saya akan menggunakan 16 Color.

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Sehngga hasilnya akan jadi seperti ini. Menjadi vektor yang bagus sekali.

Menggunakan Tracing Preset Pada Gambar

Bagaimana teman-teman kursus privat adobe illustrator online mudah bukan cara menggunakan Tracing Preset ini, tanpa perlu mengatur hasil gambar yang hasilnya akan menjadi luar biasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah.