Gambar isometrik merupakan salah satu bentuk gambar 3D yang disusun dengan menggunakan sudut 30 derajat. Ini adalah jenis gambar aksonometri sehingga skala yang sama digunakan untuk setiap sumbu, menghasilkan gambar yang tidak terdistorsi. Karena kisi isometrik cukup mudah disiapkan, setelah Anda memahami dasar-dasar gambar isometrik, membuat sketsa isometrik tangan bebas relatif sederhana.

Untuk artikel kali ini menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang gambar isometrik. Anda akan belajar dengan tepat apa yang mendefinisikan gambar isometrik, bagaimana perbedaannya dari perspektif satu titik, apa yang harus dilakukan untuk mulai membuat proyeksi isometrik Anda sendiri, dan bahkan banyak lagi.

Tingkatkan keterampilan seni Anda lebih jauh dengan mengikuti tutorial dalam panduan cara menggambar kami (yang akan mengajari Anda cara menggambar apa saja), dan Anda juga dapat menggunakan kumpulan teknik seni yang harus Anda ketahui ini.

Gambar isometrik berbeda dari jenis gambar aksonometri lainnya, termasuk proyeksi dimetrik dan trimetrik, di mana skala yang berbeda digunakan untuk sumbu yang berbeda untuk menghasilkan gambar akhir yang terdistorsi.

Dalam gambar isometrik, objek tampak seolah-olah sedang dilihat dari atas dari satu sudut, dengan sumbu diatur dari titik sudut ini. Gambar isometrik dimulai dengan satu garis vertikal di mana dua titik didefinisikan. Setiap garis yang ditetapkan dari titik-titik ini harus dibuat pada sudut 30 derajat. Nah agar lebih jelas, yuk langsung saja kita praktekannya.

Pertama disini saya membuat text dengan menggunakan Type Tool. Jenis font yang digunakan adalah Bebas Nue, untuk warna fill disini saya gunakan warna hitam dan untuk stroke saya gunakan warna putih. Copy > paste sehingga menjadi dua objek seperti gambar dibawah ini.

Membuat Text 3D Isometric Top

Tools yang sekarang akan digunakan adalah Blend Tool. Klik pada objek pertama lalu dilanjutkan dengan klik pada objek yang kedua.

Membuat Text 3D Isometric Top

Lanjut klik menu Effect > 3D > Extrude & Bevel.

Membuat Text 3D Isometric Top

Lalu akan muncul pengaturan seperti gambar dibawah ini. Atur sesuai kebutuhan dan keinginan namun jika ingin menghasilkan hasil akhir yang sama bisa disamakan saja yah, jika telah selesai mengatur jangan lupa klik Ok.

Membuat Text 3D Isometric Top

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat Text 3D Isometric Top

Bagaimana teman – teman mudah bukan Membuat Text 3D Isometric Top di Illustrator. Semoga ilmu tentang desain selalu bertambah di setiap harinyaa yah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya yah.