Apa itu Photoshop? Adobe Photoshop adalah perangkat lunak pengeditan dan manipulasi foto yang dominan di pasaran. Penggunaannya berkisar dari pengeditan berfitur lengkap dari kumpulan besar foto hingga membuat lukisan dan gambar digital rumit yang meniru yang dilakukan dengan tangan. Sebelum kita menyelami spesifikasi Photoshop.

Adobe Photoshop adalah editor grafik raster yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Adobe Inc. untuk Windows dan macOS. Ini awalnya dibuat pada tahun 1988 oleh Thomas dan John Knoll. Sejak itu, perangkat lunak telah menjadi standar industri tidak hanya dalam pengeditan grafik raster, tetapi juga dalam seni digital secara keseluruhan. Dengan demikian, nama perangkat lunak telah menjadi merek dagang umum, yang mengarah ke penggunaannya sebagai kata kerja (mis. “Untuk photoshop gambar”, “photoshop”, dan “kontes photoshop”) meskipun Adobe melarang penggunaan tersebut. [5] Photoshop dapat mengedit dan menyusun gambar raster dalam beberapa lapisan dan mendukung topeng, pengomposisian alfa, dan beberapa model warna termasuk RGB, CMYK, CIELAB, warna titik, dan duoton. Photoshop menggunakan format file PSD dan PSB sendiri untuk mendukung fitur-fitur ini. Selain grafik raster, Photoshop memiliki kemampuan terbatas untuk mengedit atau merender teks dan grafik vektor (terutama melalui jalur kliping untuk yang terakhir), serta grafik dan video 3D. Kumpulan fiturnya dapat diperluas dengan plug-in; program yang dikembangkan dan didistribusikan secara independen dari Photoshop yang berjalan di dalamnya dan menawarkan fitur baru atau yang disempurnakan. Skema penamaan Photoshop awalnya didasarkan pada nomor versi. Namun, pada bulan Oktober 2002 (setelah pengenalan branding Creative Suite), setiap versi baru Photoshop diberi tanda “CS” plus angka; misalnya, versi utama kedelapan dari Photoshop adalah Photoshop CS dan yang kesembilan adalah Photoshop CS2. Photoshop CS3 hingga CS6 juga didistribusikan dalam dua edisi berbeda: Standar dan Diperluas. Dengan diperkenalkannya merek Creative Cloud pada bulan Juni 2013 (dan pada gilirannya, perubahan akhiran “CS” menjadi “CC”), skema lisensi Photoshop diubah menjadi perangkat lunak sebagai model penyewaan layanan. Secara historis, Photoshop dibundel dengan perangkat lunak tambahan seperti Adobe ImageReady, Adobe Fireworks, Adobe Bridge, Adobe Device Central, dan Adobe Camera RAW. Nah di adobe photoshop kita bisa membuat desain secara menarik. Contohnya adalah salah satunya seperti gambar dibawah ini.

Pertama disini saya sudah mempunyai sebuah gambar yang sudah saya hilangkan backgroundnya. Jadi polosan kaya gini yah teman – teman. Copy > paste menjadi 2 bagian

Membuat Text Masking di Photoshop

Kemudian buat text dengan menggunakan type tool, Text yang saya gunakan adalah bebas nue. Warna menggunakan warna hitam.

Membuat Text Masking di Photoshop

Kemudian seleksi setengah bagian menggunakan marquee tool. Lalu kemudian hapus bagian tersebut. Sehingga menjadi gambar seperti gambar dibawah ini.

Membuat Text Masking di Photoshop

Kemudian pada bagian text kita clipping mask sehingga gambar tadi akan masuk kedalam text. Seperti gambar ini.

Membuat Text Masking di Photoshop

Bagaiamana teman – teman mudah bukan cara membuatnya, Semoga bisa menambah ilmu tentang desain yah teman – teman. Selamat mencoba dan seoga bermanfaaat yah. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.