Hallo teman-teman jumpa lagi dengan saya dalam pembahasan tentang desain grafis. Kali ini saya akan membahas tutorial tentang Cara Merubah Area Clipping Mask Di Illustrator. Clipping mask di illustrator ini biasa digunakan untuk membentuk suatu gambar yang awalnya utuh menjadi berpola sesuai dengan bentuk objek potongannya.

Dalam proses clipping mask, objek yang sudah di masking ini masi bisa kita rubah lagi atau edit area clipping mask nya.

Agar tidak penasaran, buka langsung adobe illustratornya di laptop atau komputer. kita akan langsung coba praktikan. Ikuti langkah-langkah Cara Merubah Area Clipping Mask Di Illustrator dibawah ini secara berurutan :

1.Buat sebuah lembar kerja baru ukuran A4.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Cara-Merubah-Area-Clipping-Mask-Di-Illustrator-1.png

2. Buat sebuah pola objek yang ingin kita gunakan untuk memotong objek gambarnya. Disini kita akan coba membuat pola menggunakan pen tool.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Cara-Merubah-Area-Clipping-Mask-Di-Illustrator-2.png

3. Masukan gambar yang akan kita potong, dengan cara ke menu file > file > place > pilih gambar yang ingin di mausukan > klik place > klik sekali dilembar kerja. Maka gambar akan masuk kedalam lembar kerja.

4. Atur ukuran dan bagian gambar yang akan di potong > posisikan gambar dibawah pola objek.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Cara-Merubah-Area-Clipping-Mask-Di-Illustrator-4.png

5. Seleksi pola objek dan gambar > klik kanan > make clipping mask. Maka poto akan terpotong mengikuti pola objek.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/03/Cara-Merubah-Area-Clipping-Mask-Di-Illustrator-5.png

6. Untuk melakukan pengeditan area masking, klik direct selection tool > double klik di titik anchor point ( tinggal pilih area mana yang ingin diedit ) > geser kearah yang diinginkan. Disini saya mencoba mengubah 4 titik anchor point.

Demikian teman-teman tutorial dari saya tentang Cara Merubah Area Clipping Mask Di Illustrator. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan membantu dalam proses pengerjaan desain. Selamat mencoba. Nantikan artikel-artikel selanjutnya yang terbaru tentang desain grafis. Terima kasih…