Hallo kawan-kawan ketemu lagi dengan saya di artikel blog pembahasan tentang desain grafis. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang cetakan, karena hasil akhir dari sebuah desain adalah dicetak. Artikel yang saya akan bahas adalah Pentingnya Tanda Krees Pada Cetakan. Belum banyak yang tahu tentang arti sebuah krees.

Disini saya akan coba sedikit jelaskan mengenai kress. Dalam sebuah cetakan pasti anda sering melihat kress potong. Tanda ini wajib ada dalam sebuah cetakan. Karena tanda ini akan menentukan hasil akhir dari sebuah cetakan.

Bukan hanya sebagai patokan potong tetapi ada fungsi lain yang tak kalah penting dalam kehadiran sebuah krees dicetakan yaitu sebagai tanda lipat dan masukan warna dalam proses cetak yaitu warna CMYK ( Cyan, Magenta, Yellow dan Black ).

Tanda krees ini biasa dibuat dengan warna hitam register, dimana warna hitam ini terdiri dari 4 warna CMYK  dan masing-masing warna CMYK terdiri dari raster 100. Untuk panjangnya sekitar 5mm dan ketebalan stroke 0.25pt.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Pentingnya-Tanda-Krees-Pada-Cetakan-1.png

Bentuk kreesnya macem-macem namun pada umumnya berbentuk seperti ini, ia akan selalu ada garis vertical dan garis horizontal.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Pentingnya-Tanda-Krees-Pada-Cetakan-2.png

Kress potong berfungsi untuk tanda potong suatu cetakan agar sesuai dengan ukuran akhir. Krees lipat berfungsi sebagai tanda bahwa ada bagian yang akan dilipat. Sedangkan krees sebagai tanda masukan proses cetak adalah agar warna cetakan yang terdiri dari 2 warna atau 4 warna atau sering disebut juga dengan cetakan separasi bisa pas masuk dalam ke satu titik yang sama dan tepat dengan tujuan agar cetakan tidak berbayang. Itulah kenapa betapa Pentingnya Tanda Krees Pada Cetakan.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Pentingnya-Tanda-Krees-Pada-Cetakan-3.png

Mungkin teman-teman pernah baca buku, majalah, koran atau yang lainnya namun ketika sedang membaca melihat bayangan tipis-tipis pada teks atau gambar ? itulah yang dinamakan cetakan tidak register karena warna CMYK nya tidak masuk ke dalam satu titik yang tepat.

Lalu kenapa sudah ada tanda krees namun hasil cetakan masih berbayang juga ? itu disebabkan karena faktor operator cetak yang kurang teliti dalam menjalankan mesin cetaknya.

Demikian teman-teman penjelasan dari saya tentang Pentingnya Tanda Krees Pada Cetakan. Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan selamat mencoba, sampai ketemu ditutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang terbaru dan terupdate. Terimakasih …