Biasakan Menggunakan Bleeds dan Margin .Siapa yang tidak ingin menjadi designer profesional ? pasti semua kita bercita-cita seperti itu. Untuk menjadi designer profesional harus mempunyai kemampuan di level mahir, memiliki jam terbang yang banyak, dan tahu teknik percetakan. Memang semua itu butuh waktu dan tidak ekspress. Oleh karena itu kita sebagai pemula yang baru belajar harus semangat dan konsisten.

Nah terus apa hubungannya profesional dengan bleeds dan margin ? keduanya itu merupakan salah satu trik untuk menghasilkan layoutan desain yang lebih rapih dan aman saat dioutput cetak. Nah designer profesional itu harus mempertimbangkan segala sesuatunya baik dari segi estetika maupun safety hingga hasil akhirnya si pembaca bisa menikmati keindahan semuanya. Coba anda bayangkan ketika membaca sebuah buku di sisi kanan dan kiri, sisi atas dan bawah jaraknya berantakan dengan tepi bahkan isi contentnya sampai ada yang ke potong ? terus anda bayangkan lagi ketika bagckground yang harusnya full gambar atau warna masih ada warna putih-putihnya di tepi.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Biasakan-Menggunakan-Bleeds-dan-Margin-1.png

Nah kedua teknik tersebut yang selalu dipakai para designer profesional mulai dari sekarang harus kita terapkan dan praktikan, Biasakan Menggunakan Bleeds dan Margin. Memank semua ini ketika kita masih dikerjakan di laptop atau komputer belum begitu terlihat fungsinya namun semua itu akan terlihat setelah desain kita sudah dicetak sesuai dengan medianya.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Biasakan-Menggunakan-Bleeds-dan-Margin-2.png

Jadi margin itu jarak dari tepi ukuran jadi kedalam batas area penulisan content fungsinya untuk menjaga kerapihan dan menghindari content terpotong. Sedangkan bleeds suatu area lebihan dari ukuran jadi dan jika ada background warna atau gambar maka lebihan tersebut tetap diisi dengan warna atau gambar yang sama fungsinya agar ketika di potong tidak ada warna putih kertas yang tersisa dan ukuran jadinya sesuai dengan ukuran realnya ( tidak ada pengurangan ukuran yang disebabkan oleh penyisiran kertas ).

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Biasakan-Menggunakan-Bleeds-dan-Margin-3.png

Demikian teman-teman tips and trik dari saya tentang Biasakan Menggunakan Bleeds dan Margin. Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan selamat mencoba, sampai ketemu ditutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang terbaru dan terupdate. Terimakasih …