Hallo kawan-kawan ketemu lagi dengan saya di artikel blog pembahasan tentang desain grafis. Kali ini saya akan berbagi artikel tentang dobe photoshop yang berjudul Cara Menambahkan Bleeds Di Photoshop. Masih banyak teman-teman yang belum tahu tentang apa itu bleeds ? Bleeds merupakan area lebihan dari ukuran jadi suatu desain. Jika desain tersebut mempunyai background gambar maka area bleedsnya harus berupa gambar tersebut agar setelah dipotong hasilnya akan terlihat lebih rapih. karena nanti hasil akhirnya akan terlihat setelah desain kita di out put cetak.

Disini kasusnya kitas udah memunyai desain yang sudah jadi dengan ukuran A5. Karena desain tersebut sudah jadi dan belum ada bleedsnya serta mau dicetak banyak maka kita harus membuat bleedsnya agar hasil outputnya setelah dicetak tetap rapih. Teman-teman bisa pakai contoh desain yang ada untuk mempraktekan ini.

Langsung saja agar tidak bingung kita akan coba praktikan. Teman-teman bisa buka adobe photoshop di komputer atau laptop. Ikuti langkah-langkah Cara Menambahkan Bleeds Di Photoshop dibawah ini :

1.Pilih file yang ingin diberi bleeds > klik kanan open with photoshop. Maka flyer akan masuk ke dalam photoshop.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-1.png

2. Munculkan garis guide dengan cara munculkan ruler terlebih dahulu. Menu view > rulers > maka disisi kiri dan atas muncul seperti penggaris.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-2.png

3. Tarik guide vertical dari sisi kiri mistar dan tarik guide horizontal dari sisi atas mistar. Cara narik guidenya diklik and drag di titik mistar.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-3.png

4. Tambahkan bleeds 5mm keliling. Menu image > canvas size > cek list kolom relative > isi kolom vertikal 10 mm > kolom horizontal 10 mm > ok.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-4.png

5. Kita mulai tambahkan bleeds dari sisi kanan > pilih rectangular marquee tool > seleksi dari area tepi bagian kanan lalu drag kedalam > duplikat tekan CTRL + J > CTRL + T > klik kanan flip horizontal > geser ke kanan hingga ketemu di perbatasan dan tidak ada celah putih lagi > tekan enter.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-5.png

6. Pilih layer flyer > Tambahkan bleeds dari sisi kiri > pilih rectangular marquee tool > seleksi dari area tepi bagian kiri lalu drag kedalam > duplikat tekan CTRL + J > CTRL + T > klik kanan flip horizontal > geser ke kiri hingga ketemu di perbatasan dan tidak ada celah putih lagi > tekan enter.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-6.png

7. Seleksi ke 3 layer > klik kanan > merge layers. Maka layer menjadi satu kesatuan.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-7.png

8. Tambahkan bleeds dari bagian atas > pilih rectangular marquee tool > seleksi dari area tepi bagian atas lalu drag kedalam > duplikat tekan CTRL + J > CTRL + T > klik kanan flip vertical > geser ke atas hingga ketemu di perbatasan dan tidak ada celah putih lagi > tekan enter.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-8.png

9. Pilih layer utama > Tambahkan bleeds dari bagian bawah > pilih rectangular marquee tool > seleksi dari area tepi bagian bawah lalu drag kedalam > duplikat tekan CTRL + J > CTRL + T > klik kanan flip vertical > geser ke bawah hingga ketemu di perbatasan dan tidak ada celah putih lagi > tekan enter.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-9.png

10. Seleksi ke 3 layer > klik kanan > merge layers. Maka layer menjadi satu kesatuan.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-10.png

11. Demikian hasil akhirnya. Sekarang flyer A5 sudah mempunyai bleeds dan siap dicetak banyak.

http://kursusdesaingrafis.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-Menambahkan-Bleeds-Di-Photoshop-11.png

Demikian teman-teman tips and trik dari saya tentang Cara Menambahkan Bleeds Di Photoshop. Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan selamat mencoba, sampai ketemu ditutorial selanjutnya dengan pembahasan materi yang terbaru dan terupdate. Terimakasih …