Dalam dunia design kita mengenal istilah font. Font sendiri adalah sesuatu komponen terpenting baik untuk pembuatan desain logo ataupun untuk melakukan penulisan dan proses layouting. Secara Pengertian, font memiliki arti sebuah rupa huruf yang mempunya ukuran, gaya, dan berat tertentu (wikipedia). Beberapa jenis font tersebut adalah font jenis serif dan juga font sans-serif. dan beberapa nama lain yang akan dijelaskan pada artikel berikut.

Mengenal Jenis-jenis Font untuk Design.

Pengklasifikasia jenis font tidak lepas dari latar belakang histori perkembangan tipografi. Meski sekarang sudah banyak jenis font yang dibuat oleh banyak kreator font. Jenis-jenis font yang akan dijelaskan pada artikel berikut masih menjadi font-font utama yang menjadi landasan lahirnya font-font baru tersebut. berikut adalah jenis font yang akan dijelaskan pada artikel berikut. 

Serif

Serif adalah sebuah jenis font yang  sangat direkomendasikan untuk menulis isi konten di  artikel karena memiliki tingkat readibility yang sangat baik. Hal tersebut tidak lepas dari kekhasan Font serif yang mempunya garis kecil yang berdiri horizontal pada bagian badan huruf. Yang mana garis-garis kecil tersebut lebih dikenal dengan istilah counter stroke atau serif bracketed. well, karna garis-garis kecil itulah yang membuat font serif tampak lebih jelas dan mudah untuk dibaca. mengapa? karena garis tersebut sanggup menuntun mata si pembaca sehingga seperti yang sudh  . 

Sans Serif

Mengenal Jenis-jenis Font untuk Design. Ada tiga ciri utama pada font Sans Serif, pertama Sans Serif memiliki  garis melengkung berbentuk square/persegi, kedua, Sans Serif memiliki perbedaan kontras yang halus dan yang terakhir Sans Serif memiliki bentuk mendekati penekanan ke arah garis vertikal. Istilah Sans Serif sendiri mengambil kata sans bahasa Perancis, yang berarti tanpa. Jadi secara harfiah Sans Serif dapat berarti Tanpa Serif yang artinya  font Sans Serif merupakan font yang berbeda dari font Serif. Pada awal kemunculannya, font Sans Serif disebut sebagai Grotesque yang berarti aneh. Karna pada masa itu, font selain serif dikatakan unik atau aneh.

Mengenal Jenis-jenis Font untuk Design